Pendederan Ikan Gurame di Kolam Plastik

Pendederan Ikan Gurame di Kolam Plastik

Disadur dari : Sinar Tani

Ikan Gurame sudah lama dibudidayakan secara komersial oleh para pembudidaya secara komersial di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Barat. Namun, para petani ini belum bisa mencukupi kebutuhan pasar dalam dan luar negeri. Karena itu, peluang pasar dan pemasaran ikan gurame cukup terbuka lebar.

Namun demikian, tidak semua wilayah di Indonesia yang menjadi sentra perikanan air tawar yang dapat melaksanakan kegiatan budidaya ikan gurame secara optimal. Kendala utamanya adalah karena keterbatasan air.


Sehubungan dengan kendala tersebut di atas, maka pendederan ikan gurame pada kolam plastik adalah salah satu jawaban yang tepat bagi sub-sektor perikanan. Dengan kolam plastik, lahan yang sempit dan air yang terbatas, bukan kendala lagi untuk membudidayakan dan mengembangkan ikan gurame. Sebab, kolam plastik ini merupakan usahatani yang hemat lahan dan hemar air, bahkan mendatangkan keuntungan besar bagi para petani.

Definisi Kolam Plastik

Dalam budidaya ikan, orang lebih mengenal tambak, keramba, jaring apung, kolam air tenang dan kolam air deras. Selain itu,ada lagi kolam yang disebut kolam batu dan kolam plastik.

Kolam plastik, sebenarnya bukan istilah baru dan sudah digunakan meskipun terbatas di lingkungan lembaga perikanan. Kolam plastik, bukanlah kolam khusus yang terbuat dari plastik, tetapi tetap terbuat dari tanah. Hanya saja, karena tanah di daerah tentu adalah tanah yang porus/sarang (tidak dapat menahan air-Red) dan airnya bukanlah air yang mengalir. Lantas, agar air di kolam tersebut tidak cepat habis, maka dasar kolam dan pinggir kolam dilapisi oleh plastik tebal.

Adapun luas kolam plastik relatif kecil, yakni rata-rata 14 meter persegi dengan kedalaman air antara 10-60 cm. Kecuali untuk kolam Pendederan I dan Pendederan II, luasnya cukup 2 meter persegi dengan kedalaman air 10 cm.Begitu pula untuk ukuran super,luasnya dapat dua kali atau tiga kali lebih luas dibandingkan dengan kolam untuk ukuran benih lebih kecil dari ukuran super dan kedalamannnya dapat sampai 1 meter. Sedangkan ukuran panjang atau lebar kolam disesuaikan dengan keadaan lahan, misalnya di halaman rumah.

2 Responses to "Pendederan Ikan Gurame di Kolam Plastik"

  1. Pendederan Ikan Gurame di Kolam Plastik ini bisa juga dilakukan di lahan sempit seperti di perumahan, kan Mas? Betul? :)

    ReplyDelete
  2. yup, leres, alias betul banget. lebih sip dikasih resirkulasi om

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel