Bakteri penyebab penyakit ikan lele


Bakteri adalah organisme berukuran kecil yang dapat hidup mandiri atau memerlukan inang. Bakteri yang hidup dengan membutuhkan inangnya merupakan bakteri patogen. Terdapat banyak sekali bakteri penyebab penyakit ikan lele dan untuk mengetahui jenisnya diperlukan peralatan dan bahan khusus. Bakteri patogen yang menyerang ikan dapat menyebabkan ikan sakit. Ciri-ciri ikan yang sakit karena serangan bakteri adalah :

  1. Ikan mengalami luka borok pada permukaan tubuh atau organ lainnya. Luka tersebut mengalami pendarahan. 
  2. Insang ikan yang terserang oleh bakteri juga mengalami pendarahan, insang lengket satu sama lain. 
  3. Organ lain ikan yang terserang oleh bakteri juga mengalami luka dan terjadi pendarahan. 
  4. Ikan terserang bakteri juga memperlihatkan gejala nafsu makan berkurang, pertumbuhan yang lambat dan kematian.
Cara paling gampang dan umum untuk melihat ikan sakit akibat bakteri adalah dengan melihat tingkah laku lele. Seringkali ikan yang terserang penyakit nafsu makannya turun. Selain itu, warna tubuh dan insangnya kemerahan. Jika tidak segera ditangani maka ikan akan bergerombol, hormat bendera, dan mati secara perlahan-lahan. 

bakteri lele

Pengendalian bakteri penyebab penyakit

Bakteri patogen akan berkembangbiak apabila kualitas air memburuk dan ikan mengalami stres. Serangan bakteri termasuk cepat karena perkembangbiakan bakteri dapat berlipat ganda dalam waktu 24 sampai 48 jam.

Untuk pengendaliannya, ikan yang telah terserang oleh bakteri patogen harus diisolasi agar tidak menyebar ke ikan lain. Demikian pula dengan kolam atau wadah tempat ikan yang terserang bakteri harus ditutup saluran pengeluaran airnya agar air yang mengandung bakteri tidak berpindah ke tempat lain. 

Ikan-ikan yang terserang dapat diobati lukanya dengan menggunakan desinfeksi seperti PK pada dosis yang disesuaikan dengan ukuran dan umur ikan. Benih ikan dapat tahan terhadap perendaman dengan 5 – 10 ppm PK selama 5-10 menit, sedangkan ikan besar atau induk ikan dapat diobati dengan 100 ppm PK  selama 5 – 10 menit. Penggunaan PK dilakukan setiap hari selama tiga hari berturut-turut. Apabila tidak menunjukkan perbaikan pada ikan yang diobati, perlu dilakukan konsultasi kepada penyuluh perikanan maupun ke Dinas Perikanan setempat.

0 Response to "Bakteri penyebab penyakit ikan lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel